Misteri Malam Lailatul Qadar

  • Diterbitkan pada
  • 3/26/2023
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin

Di bulan Ramadan ada satu malam yang disebut dengan Lailatul Qadar. Lailatul Qadar berarti "malam kemuliaan". Dalam QS. Al-Qadr : 1-5 disebutkan bahwa Lailatul Qadar itu bernilai lebih baik dari 1.000 bulan, karena itu Lailatul Qadar disebut pula dengan sebutan "malam seribu bulan". Kemuliaan yang ada dalam malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan atau sama dengan 82 hingga 83 tahun kehidupan. Pada malam tersebut pertama kalinya Allah SWT menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Itulah mengapa malam Lailatul Qadar sangat istimewa.

Misteri Malam Lailatul Qadar

Namun malam Lailatul Qadar masih menjadi sesuatu yang misterius, tidak bisa dipastikan kapan, malam dan tanggal ke berapa di bulan Ramadan. Tidak ada satu keterangan pun yang memastikan kapan adanya atau turunnya Lailatul Qadar. Nabi Muhammad SAW dan para ulama hanya memberikan petunjuknya.

Dalam beberapa hadis, Nabi Muhammad SAW memberikan petunjuk dengan menganjurkan kepada umat Islam untuk mencari Lailatul Qadar di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Di malam-malam tersebut kita dianjurkan untuk memperbanyak do'a disertai dengan melakukan aktivitas ibadah lain, seperti shalat, baca Al-Qur'an, atau berdzikir. Dan akan lebih baik jika kita melakukan i'tikaf (i'tikaf adalah diam di dalam masjid dengan niat karena Allah).

Lailatul Qadar bisa didapatkan oleh mereka yang bersungguh-sungguh ingin mendapatkannya. Tidak sekedar ada rasa ingin mendapatkan, tapi juga dengan melakukan berbagai upaya untuk menjemputnya. Yakni dengan melakukan berbagai amalan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.

Lailatul Qadar ibarat tamu agung, yang kedatangannya tidak tentu kapan. Orang yang ingin kedatangan atau ingin dikunjungi tamu agung, harus mempersiapkan diri untuk menyambutnya dan melakukan aktifitas yang menyenangkan sang tamu agung.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan dihargai dengan kebaikan lebih dari 1.000 bulan. Seribu bulan jika dikonversi menjadi hitungan tahun, akan sama dengan 83.33 tahun. Artinya amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan dihargai dengan 83 tahun lebih.

Satu kali shalat di malam Lailatul Qadar, sama dengan shalat selama 83 tahun lebih. Satu kali berdo'a di malam Lailatul Qadar, sama dengan berdo'a selama 83 tahun lebih. Begitu pula dengan amalan-amalan baik lainnya di malam Lailatul Qadar akan sama dengan beramal baik selama 83 tahun lebih.

Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, hidupnya penuh kebaikan dan keberkahan. Selain itu orang yang mendapatkan Lailatul Qadar hidupnya penuh ketenangan dan kedamaian.

Daftar Pranala

  1. "Al-Qadr Artinya Kemuliaan, Ketahui Makna dan Keutamaan Suratnya", Ayu Rifka Sitoresmi, liputan6.com
  2. "Menguak Misteri Malam Lailatul Qadar", Wiwin Zein, kompasiana.com
  3. "10 Fakta yang Harus Diketahui Soal Malam Lailatul Qadar", cnnindonesia.com

Buy me a Coffee.

  • BRI
  • @
  • EKAAWALUDIN