Kenalan Dengan Musik Synthwave

  • Diterbitkan pada
  • 10/17/2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin

Pada suatu akhir pekan beberapa minggu yang lalu, menjelang tengah malam saya mengalami deja vu yang membuat saya ga bisa tidur sampe pagi. Semua yang di rumah sudah tidur, acara di TV ga ada yang rame tapi mata belum ngantuk akhirnya saya iseng buka Youtube. Di beranda saya liat-liat video rekomendasi dari youtube sampai saya berhenti di sebuah musik video yang udah di tonton 68 juta kali dari sebuah channel bernama Electronic Gems. Setelah saya dengarkan musiknya saya ngerasa aneh aja gitu, kaya pernah denger. Setelah saya inget-inget lagi ternyata musik baru ini mengingatkan saya kepada musik opening serial tv Baywatch yang sering saya liat waktu kecil.

Tentang Musik & Musisi Synthwave

Setelah saya telusuri, Electronic Gems adalah sebuah channel Youtube asal Kanada yang sering mempromosikan musik-musik elektronik bernuansa retro, diantaranya Synthwave.

Lalu apa itu Synthwave? Dilansir dari Wikipedia, Synthwave (juga disebut outrun, retrowave, atau futuresynth) adalah mikrogenre musik elektronik yang sebagian besar didasarkan pada musik yang terkait dengan aksi, fiksi ilmiah, dan soundtrack film tahun 1980-an. Pengaruh lain diambil dari seni dan video game dekade itu. Musisi Synthwave sering kali membawa budaya 1980-an dan berusaha menangkap atmosfer era tersebut.

Salah satu musisi yang menjadi pioneer untuk musik Synthwave adalah M83. M83 cukup terkenal dan pernah konser di Indonesia juga. Kamu bisa lihat di hampir semua video klip M83 suasana nya agak lawas kayak 80an gitu.

Untuk saat ini musisi Synthwave yang sangat populer adalah Com Truise. Track favorit saya adalah Awake, sebuah track Tycho yang di remix oleh Com Truise.

Untuk channel Electronic Gems sepertinya banyak di dominasi sama musisi Indie. Satu hal yang saya sukai dari musisi Indie adalah musik mereka benar-benar beda dan ga Market Oriented. Selain Electronic Gems, ada sebuah label di Bandcamp yang juga mempublikasikan dan membuat kompilasi musik karya musisi-musisi independen yang beraliran Synthwave. Label nya bernama Stratford Ct.

Kesan & Pesan

Oke setelah beberapa minggu saya mendapat asupan musik Synthwave, saya udah punya beberapa musisi favorit. Memorex Memories, oDDling, De Lorra, VIQ, Hotel Pools, Forhill, Unfound, Krosia, A.L.I.S.O.N, Com Truise, adalah beberapa musisi yang saya favoritkan dan yang saya rekomendasikan jika kamu tertarik mendengarkan musik Synthwave. Saya udah buatkan playlist Youtube di bawah ini biar kamu bisa langsung dengerin gimana mempesona nya musik Synthwave.

Buy me a Coffee.

  • BRI
  • @
  • EKAAWALUDIN