Misteri di Balik Pemindahan Ibu Kota NKRI

  • Diterbitkan pada
  • 12/27/2022
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin

Menurut catatan sejarah, ide pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke luar pulau Jawa telah ada sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno. Presiden Soekarno tanggal 17 Juli 1957, mempunyai ide untuk membuat Palangkaraya sebagai IKN dengan alasan kota ini berada di tengah kepulauan Indonesia dan mempunyai wilayah yang luas. Ide Presiden Soekarno tersebut tidak pernah terwujud. Sebaliknya, Presiden Soekarno menetapkan Jakarta sebagai IKN Indonesia dengan Undang-undang (UU) Nomor 10 tahun 1964 tanggal 22 Juni 1964.

Pada masa Presiden Soeharto, tahun 1990-an, ada juga wacana pemindahan IKN ke Jonggol, Bogor.

Pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, wacana pemindahan IKN muncul kembali karena kemacetan dan banjir yang melanda Jakarta.

Pemindahan IKN, baru serius digarap oleh Presiden Joko Widodo. Pada tanggal 29 April 2019, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan IKN ke luar pulau Jawa. Tanggal 18 Januari 2022 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) melalui Sidang Paripurna mensahkan Undang-undang (UU) No. 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN). IKN secara resmi akan dipindahkan ke dua kabupaten di Kalimantan Timur, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Blast From The Past

Monarki

Monarki adalah sistem politik di mana otoritas tertinggi diberikan kepada raja, penguasa individu yang berfungsi sebagai kepala negara.

Kerajaan Tertua di Indonesia

Sejarah mencatat, kerajaan tertua di Indonesia berada di Kalimantan Timur yakni Kerajaan Kutai. Rajanya yang terkenal adalah Raja Mulawarman. Dilansir dari situs Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, sekitar tahun 400 Masehi di Kalimantan Timur tepatnya di Muara Kaman, terdapat sebuah kerajaan bernama Kutai Martadipura. Kerajaan ini merupakan Kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Muara Kaman kini, adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Berjarak ±133 km dari Kota Samarinda.

Prasasti Mulawarman

Petunjuk lainnya tentang keberadaan Kerajaan Kutai adalah ditemukannya prasasti Mulawarman (Batu bertuliskan huruf Pallawa) dari abad ke 5 atau sekitar tahun 401 - 500 M. Prasasti ini merupakan prasasti tertua dalam sejarah Indonesia. Terdapat tujuh buah prasasti, namun baru 4 prasasti yang berhasil dibaca dan diterjemahkan. Prasasti ini ditulis dalam huruf Pallawa Pra-Nagari dan menggunakan bahasa Sansakerta. Isi prasasti Mulawarman menceritakan tentang Raja Mulawarman yang memberikan sumbangan kepada para kaum Brahmana berupa sapi yang banyak. Meskipun nama Kutai tidak disebutkan dalam prasasti, prasasti ini ditemukan di daerah yang kini dikenal sebagai Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di hulu Sungai Mahakam.

Kebudayaan Hindu Yang Maju di Kerajaan Kutai

Peradaban yang maju di kerajaan Kutai terlihat dari adanya golongan terdidik seperti yang disebutkan dalam prasasti. Mereka adalah para golongan Ksatria dan Brahmana yang dalam agama Hindu (India) mempunyai kedudukan yang tinggi. Masyarakat tersebut, juga mendapat kedudukan yang terhormat dalam Kerajaan Kutai. Mereka diduga telah bepergian ke India dan pusat-pusat penyebaran agama Hindu yang ada di Asia Tenggara.

Conclusion

So, apakah pemindahan IKN Indonesia sekarang ini ada kaitannya dengan sejarah masa lalu? Siapakah Presiden Joko Widodo yang berhasil memindahkan IKN ke luar pulau Jawa? Tepatnya ke sebuah tempat bersejarah dari masa lalu yang kini ada di dalam wilayah NKRI. Seperti yang kita tau, NKRI sendiri sering disebut sebagai Nusantara.

Di Indonesia, istilah "Nusantara" secara spesifik merujuk kepada Indonesia (Kepulauan Indonesia). Kata "Nusantara" tercatat pertama kali dalam kitab Negarakertagama untuk menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut Majapahit yang kawasannya mencakup sebagian besar Asia Tenggara, terutama pada wilayah kepulauan. Nusantara menurut Wikipedia adalah istilah yang berasal dari bahasa Kawi (bahasa Jawa Kuno yang dipengaruhi bahasa Sanskerta), yaitu Nusa yang berarti "pulau" dan Antara yang berarti "ruang". 

Menurut saya ini adalah sebuah misteri yang sangat besar. Entah ada hubungannya atau tidak, yang pasti semua ini sangat menarik sekali.

Daftar Pranala

  1. "Urgensi Pemindahan Ibu Kota Negara", Ayundari, djkn.kemenkeu.go.id
  2. "Ibu Kota Negara Pindah ke Wilayah Penajam Pasir Utara dan Kutai Kartanegara", kominfo.go.id
  3. "Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Begini Nasib DKI Jakarta", stipan.ac.id
  4. "Nusantara", wikipedia.org
  5. "9 Urutan Kerajaan Tertua di Indonesia Bercorak Hindu-Budha", ayovaksindinkeskdi.id
  6. "Apa yang anda ketahui tentang Prasasti Mulawarman", dictio.id
  7. "Apa itu Monarki? Penjelasan, Sejarah, Jenis dan Contoh Negara", detik.com

Buy me a Coffee.

  • BRI
  • @
  • EKAAWALUDIN