Bandung di Lingkung Gunung

  • Diterbitkan pada
  • 12/01/2023
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin

Saya lupa dari mana saya mengenal istilah Bandung di Lingkung Gunung. Namun beberapa hari ke belakang saya ingat kembali dengan frasa tersebut ketika menginap di Apartment The Jarrdin, di daerah Cipaganti. Dari sebuah kamar di lantai 21 Apartment tersebut saya bisa melihat pegunungan sebelah utara Bandung. Dari referensi Google Maps, di sebelah utara Bandung tersebut terdapat Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu.

Sejarah Bandung

Istilah Bandung di Lingkung Gunung menggambarkan Bandung di kelilingi pegunungan yang terbentuk akibat letusan Gunung Sunda pada jaman dahulu. Gunung-gunung terkenal yang mengelilingi Bandung di antaranya, Gunung Manglayang (1818 mdpl), Gunung Malabar (2343 mdpl), Gunung Tangkuban Perahu (2084 mdpl), Gunung Burangrang (2050 mdpl), Gunung Patuha (2434 mdpl), Gunung Bukit Tunggul (2206 mdpl), Gunung Kendang (2608 mdpl) dan Gunung Wayang (2182 mdpl).

Sejarah Nama Bandung

Nama Bandung sendiri berasal dari kata "Bendung" atau "Bendungan". Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, letusan Gunung Sunda pada jaman dahulu membentuk cekungan yang kemudian terisi air dan membentuk sebuah danau raksasa, mirip sebuah bendungan. Seiring berubahnya zaman, lambat laun beberapa geografis sekeliling cekungan berubah dan air pun menghilang. Dan berdirilah Bandung yang menjadi Ibu Kota Pasundan sekarang ini.

Bandung Ibu Kota Pasundan

Kata Pasundan sendiri mempunyai arti tempatnya orang Sunda, menunjukkan lokasi di mana orang Sunda tinggal. Secara spesifik Pasundan merujuk kepada Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Daftar Pranala

  1. Gunung-Gunung Yang Mengelilingi Kota Bandung, yourbandung.com
  2. Tujuh Puncak Gunung Populer Tertinggi di Bandung Raya, Gan Gan Jatnika, bandungbergerak.id
  3. Apa Beda Pasundan, Padjadjaran dan Parahyangan, Kunkun Sobirin, quora.com

Buy me a Coffee.

  • BRI
  • @
  • EKAAWALUDIN