Color Grading & Instalasi Preset XMP di Lightroom Mobile

  • Diterbitkan pada
  • 7/28/2023
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin

Color grading adalah menciptakan suasana tertentu dalam suatu foto. Contohnya menambahkan rona biru untuk membuat foto tampak dingin, atau rona kuning dan oranye agar terlihat hangat. Proses color grading sekarang bisa dilakukan diSmartphone. Aplikasi untuk color grading di Smartphoneyang paling terkenal adalah Lightroom Mobile.

Di aplikasi ini kita dapat mengontrol eksposur, kontras, bayangan, warna, saturasi, hue, levels dan banyak lagi untuk menghasilkan foto dengan suasana yang berbeda dari aslinya. Jadi kalau kamu belum puas dengan hasil jepretan kameraSmartphonekamu, bisa di maksimalkan lagi hasilnya sesuai kemauan kamu di aplikasi ini.

Lightroom Mobile ini adalah aplikasi pengeditan non-destruktif. Yang artinya kita dapat mengedit foto tanpa mengurangi kualitas foto.

Menggunakan Preset

Preset itu apa sih? Preset adalah sebuah kumpulan setting yang diterapkan pada saat editing foto yang kemudian disimpan dalam format tertentu. Lightroom Mobile sendiri dapat membaca preset berformat dng, xmp dan lrtemplate.

Cara Instalasi Preset (XMP)

Buka aplikasi lightroom mobile dan pilih foto untuk di edit. Setelah foto terbuka akan muncul tab Presets di aplikasi. Tab Presets di tandai dengan dua buah lingkaran.


Tab Presets

Kemudian pilih menu tiga titik di bagian pojok kanan atas foto. Pilih Import Presets. Disini saya mencontohkan preset Black and White by EKAME dengan memilih file Black and White by Ekame.zip. Jangan lupa ceklis Show Partially Compatible Presets.


Import Presets

Kemudian 10 Preset Black and White by Ekame akan muncul di bagian tab Yours.


Presets akan muncul di Tab Yours

Sedikit info, saya juga menjual Preset Lightroom dengan kualitas dan harga terbaik. Untuk selengkapnya bisa mengunjungi halamanEkame Shop

Buy me a Coffee.

  • BRI
  • @
  • EKAAWALUDIN